Siapa yang tidak tergoda dengan tiket supermurah yang ditawarkan maskapai
berbiaya rendah? Namun, semua orang perlu tahu bahwa masih ada bermacam-macam
ongkos tambahan yang tidak tercantum di iklan maskapai murah. Jika konsumen
tidak jeli, harga yang harus dibayar bisa beberapa kali lipat dari tarif yang
diiklankan.
Banyaknya ongkos tambahan ini sering mengundang kritik dari konsumen. Percaya
tidak, sebuah maskapai murah asal Eropa pernah berencana menarik ongkos bagi
penumpang yang ingin menggunakan toilet pesawat. Untungnya, rencana itu tak
terlaksana karena ada protes keras dari konsumen.
Calon penumpang sebuah
maskapai penerbangan murah sedang antre untuk mendaftarkan diri. Foto: AP/Mark
Baker
Meski tidak semua biaya tambahan ini bisa dihilangkan, ada beberapa cara untuk
menekan jumlahnya. Simak panduan berikut ini untuk menghindari ongkos tambahan
yang tak perlu.
Bersahabat dengan Internet
Untuk mendapatkan tawaran harga terbaik, Anda harus memesan tiket melalui situs
resmi maskapai penerbangan. Konsumen akan dibebankan biaya pemesanan yang lebih
mahal kalau membeli tiket lewat agen. Selain itu, tarif promosi yang sering
diiklankan biasanya hanya berlaku untuk pembelian lewat situs resmi.
Lakukan check–in mandiri
Dengan dalih efisiensi, ada maskapai penerbangan yang menarik biaya bagi
penumpang yang memilih check-in di bandara. Barangkali ini terdengar
mengada-ada dan merugikan konsumen. Bukankah sudah menjadi kewajiban semua
maskapai penerbangan untuk melayani penumpang yang check-in?
Sayangnya, Indonesia belum punya peraturan untuk melarang ongkos tambahan ini.
Satu-satunya cara menghindarinya adala dengan melakukan check-in mandiri via
Internet atau lewat aplikasi khusus di telepon seluler. Minta bantuan teman
atau keluarga bila Anda belum familiar.
Abaikan tawaran asuransi
Konsumen awam mungkin akan terusik dengan tawaran asuransi yang muncul saat
memesan tiket lewat Internet. Tak perlu ragu untuk mengklik “tidak” karena
semua penumpang sebenarnya sudah diasuransikan. Itu hanya asuransi tambahan
yang memberi Anda perlindungan ganda. Kalau Anda berminat dengan asuransi tambahan,
sebaiknya langsung membeli lewat kantor perusahaan asuransi yang menawarkan
program perlindungan lebih lengkap dengan tarif jauh lebih murah.
Cukup bawa tas kabin
Apakah mungkin terbang ke luar negeri hanya berbekal tas kabin yang beratnya di
bawah 7 kg? Sangat mungkin dan banyak orang sudah melakukannya untuk
menghindari biaya bagasi yang mahal.
Tak sulit menemukan layanan pencucian baju di lokasi wisata populer di
negara-negara Asia. Jadi, mengapa Anda harus membawa banyak pakaian?
Barang-barang yang bisa didapatkan dengan mudah di lokasi tujuan sebaiknya juga
tak perlu dibawa. Misalnya makanan, sabun, shampo dan berbagai produk perawatan
tubuh lainnya. Meski kelihatan sepele, ini bisa mengurangi berat barang bawaan
secara signifikan.
Abaikan tawaran memilih kursi
Anda tak perlu tergoda dengan iming-iming kursi yang nyaman atau tawaran naik
ke pesawat lebih dulu karena semua itu tidak diberikan secara gratis. Pikirkan
lagi, apakah Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk mendapatkan kursi
di dekat jendela? Lagipula, Anda masih bisa mendapatkan tempat duduk nyaman
tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
Anggota rombongan kecil atau pasangan yang check-in bersamaan otomatis akan
mendapatkan kursi yang berdekatan. Seperti penerbangan lainnya, maskapai murah
biasanya juga memberi kesempatan lebih dulu bagi orang usia lanjut dan
penumpang yang membawa anak kecil untuk naik ke pesawat. Kalau Anda masuk
kategori tersebut, tak perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk naik ke
pesawat lebih dulu.
Jangan membeli makanan di pesawat
Makanan yang dijual di pesawat harganya jauh lebih mahal dari toko di darat.
Sebagai alternatif, Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat
pengeluaran. Namun harus diingat, Anda tidak dibolehkan membawa minuman saat
melewati pemeriksaan di bandara. Namun, makanan dalam bentuk padat masih bisa
dibawa ke dalam kabin.
Beberapa maskapai penerbangan melarang penumpangnya mengonsumsi makanan yang
dibawa sendiri. Meskipun begitu, tidak ada aturan resmi mengenai hal ini. Jika
ingin konsumsi makanan yang dibawa sendiri, sebaiknya Anda melakukannya secara
tidak mencolok supaya terhindar dari perhatian awak kabin.
Periksa ulang sebelum konfirmasi pembayaran
Saat memesan tiket lewat Internet, beberapa biaya tambahan baru muncul setelah
kita mengisi data diri dan siap mengonfirmasi pembayaran. Tentunya ini agak
menjengkelkan karena seolah-olah perusahaan penerbangan menyembunyikan harga
asli yang harus dibayar konsumen.
Tiap maskapai penerbangan punya istilah yang berbeda untuk menyebut biaya
tambahan ini. Ada yang menyebutnya convenience fee, biaya pemesanan, biaya
administrasi, dan masih banyak istilah lainnya. Perbedaan ini membuat konsumen
makin kesulitan membandingkan harga serta menghitung ongkos tiket keseluruhan.
Karena itu, sebelum mengonfirmasi pembayaran, pastikan Anda memeriksa ulang
semua biaya yang harus dikeluarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih karena sudah memberikan kritik maupun saran ...Sukses buat anda.