Berolahraga Saat Puasa

Siapa takuuut……..!!!

Hampir semua orang yang sedang berpuasa menganggap bahwa ketika berpuasa harus menjaga energi sebaik mungkin agar tidak terjadi “drop” di siang hingga sore hari. Tidak heran jika orang yang berpuasa tampak sangat hati-hati dalam urusan itu, sehingga gerak-geriknya tampak lemah gemulai, bahkan mereka menghabiskan hari-hari puasanya dengan tidur, santai, duduk dan lain sebagainya.

Kenyataan yang seperti itu ternyata tidak benar. Orang yang berpuasa tidak perlu terlalu memanjakan diri dengan menghemat segala energinya. Dengan keadaan tubuh yang kurang gerak, banyak tidur dan lain-lain justru mengakibatkan tubuh itu semakin “drop” atau loyo jika sudah memasuki waktu siang hingga sore hari. Organ tubuh yang selalu dipakai tidur dan ogah-ogahan tidak akan bisa berfungsi secara optimal baik otak, jantung, paru, darah, serta kelenjar tubuh lainnya sehingga banyak terjadi inefisiensi energi dan yang terjadi justru energi tidak tersalurkan secara normal. Makanya perasaan malas, ngantuk, lemas akan selalu bersama orang yang suka tidur saat puasa.

Berolahraga saat puasa, siapa takuuuut….!

Itulah yang saya lakukan ketika berpuasa Ramadhan (baca : romadhon). Pada saat-saat senggang di pagi hari antara jam 07.00 sampai 08.00 saya manfaatkan untuk berolahraga. Lakukan peregangan atau pemanasan sekitar 5 menit kemudian dilanjutkan dengan lari-lari kecil/jogging selama sekitar 10 menit. Keringat tipis akan keluar dari tubuh yang sedang terkena sinar matahari pagi yang hangat akan membuat tubuh menjadi segar, jantung berdetak kuat, aliran darah menjadi lancar, pernafasan terbuka lebar dan badan akan menjadi bersemangat.

Tapi ingat! Jangan berolah raga terlalu berat, misalnya sepak bola, badminton atau apa saja yang akan menguras energi dan menyebabkan dehidrasi tinggi. Jika ini yang terjadi, maka Anda menjadi sangat tersiksa dalam berpuasa.

Sumber : Author: Mulyadi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih karena sudah memberikan kritik maupun saran ...Sukses buat anda.