Sumatera Barat
§ Batu Taba
§ Solok
§ Padang Panjang
§ Sicincin
§ Lubuk Alung
§ Padang
§ Painan
§ Tapan
Bengkulu
§ Muko-muko
§ Lais
§ Kota Bengkulu
§ Manna
Lampung
§ Gunung Kemala
§ Liwa
§ Bukit Kemuning
Kota-kota yang dilintasi Jalan Raya Lintas Timur
Jalan Raya Lintas Timur melintasi 6 provinsi di bagian pesisir timur Pulau Sumatera.
Nanggroe Aceh Darussalam
§ Banda Aceh
§ Sigli
§ Bireun
§ Lhokseumawe
§ Langsa
Sumatera Utara
§ Pangkalan Berandan
§ Stabat
§ Binjai
§ Medan
§ Lubuk Pakam
§ Lima Puluh
§ Kisaran
§ Rantau Prapat
§ Kota Pinang
Riau
§ Bagan Batu
§ Duri
§ Minas
§ Pekanbaru
§ Pangkalan Kerinci
§ Japura
§ Pematang Reba
Jambi
§ Merlung
§ Kota Jambi
§ Tempino
Sumatera Selatan
§ Bayung Lincir
§ Sungai Lilin
§ Betung
§ Pangkalan Balai
§ Palembang
§ Indralaya
§ Tanjung Raja
§ Kayu Agung
§ Tugu Mulyo
§ Pematang Panggang
Lampung
§ Mesuji
§ Tulang Bawang
§ Bandar Agung
§ Terbanggi Besar
§ Bandar Jaya
Kota-kota yang dilintasi Jalan Raya Lintas Pantai Timur
Jalan ini merupakan jalan baru dan belum tuntas pembangunannya. Jalan ini dibangun untuk mengurangi kepadatan jalan di Jalinteng bagi para pengguna jalan yang menuju Jalintim.
Lampung
§ Tulang Bawang
§ Seputih Banyak
§ Way Bungur
§ Sukadana
§ Way Kambas
§ Way Jepara
§ Labuhan Maringgai
§ Pasir Sakti
§ Sragi
§ Ketapang
§ Pelabuhan Bakauheni
Tambahan
Kondisi saat ini
Jalan Raya Lintas Sumatera merupakan jalur perhubungan darat yang terpenting di Sumatera. Ini dikarenakan jalur KA hanya ada di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung.
Namun, banyak ruas jalan di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung mengalami kerusakan yang sangat parah walaupun pemerintah telah mengalokasikan banyak dana dalam beberapa tahun anggaran terakhir.
Di beberapa bagian ruas jalan yang menghubungkan antara Bengkulu dan Lampung juga rawan kejahatan di malam hari serta longsor bila hujan. Sedangkan di beberapa ruas di Jambi sering diketemukan binatang liar.
Namun, banyak ruas jalan di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung mengalami kerusakan yang sangat parah walaupun pemerintah telah mengalokasikan banyak dana dalam beberapa tahun anggaran terakhir.
Di beberapa bagian ruas jalan yang menghubungkan antara Bengkulu dan Lampung juga rawan kejahatan di malam hari serta longsor bila hujan. Sedangkan di beberapa ruas di Jambi sering diketemukan binatang liar.
Jalan Tol Trans-Sumatera
Sumatera adalah pulau yang memiliki potensi pengembangan kedua terbesar setelah Jawa. Pemerintah walau sedang menghadapi krisis berkepanjangan namun juga mengalokasikan dana buat pembangunan jalan tol di Sumatera. Namun juga oleh karena kekurangan dana tersebut maka dalam periode tahun 2005-2010, Sumatera hanya kebagian 2 ruas jalan tol yaitu Jalan Tol Medan-Binjai (20,5 km) dan Jalan Tol Palembang-Indralaya (24,5 km). Padahal total panjang jalan tol yang direncanakan dibangun di seluruh Indonesia pada periode 5 tahun tersebut sejumlah total 1640 km.
Tentu di masa depan, tujuan jangka panjang pemerintah adalah mewujudkan infrastruktur jalan tol Trans-Sumatera yang memberikan akses mobilitas yang lebih tinggi antara ujung utara dan ujung selatan Pulau Sumatera.
Tentu di masa depan, tujuan jangka panjang pemerintah adalah mewujudkan infrastruktur jalan tol Trans-Sumatera yang memberikan akses mobilitas yang lebih tinggi antara ujung utara dan ujung selatan Pulau Sumatera.
Sumber : www.. wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih karena sudah memberikan kritik maupun saran ...Sukses buat anda.